Rabu, 26 Januari 2011

Artikel Microsoft Access 2010

Microsoft Access 2010
Microsoft Access 2010 digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.

Sama dengan awal munculnya Microsoft Office 2007. Pada seri Office terbarunya ini Microsoft menghadirkan berbagai fitur dan kemampuan baru yang tidak dimiliki oleh keluarga office versi sebelumnya, mulai dari tampilan, ikon, menu, ribon, dan sebagainya. Yang jelas aplikasi yang saat ini masih dipersiapkan tersebut akan menantang pemakai aplikasi perkantoran di masa yang akan datang.
Microsoft Office 2010 atau disebut juga dengan Office seri ke 14 merupakan penerus dari Office versi 2007 yang merupakan versi ke 11. Mengapa langsung Microsoft Office 2010 ? Mengapa tidak ada Office 2008 dan 2009 ?
Office 2010 ini memang direncanakan mulai tersedia paling cepat akhir tahun ini, atau awal tahun depan 2010.
Microsoft mengungkapkan bahwa pada Office 2010 ini akan lebih ringan dari versi sebelumnya. Pada Microsoft Office 2010, Microsoft Office akan mendukung dua versi yang terpisah, yaitu versi 32 bit dan versi 64 bit dan Office 2010 akan menjadi yang pertama yang melakukan dua versi yang berbeda, di kedua versi yang berbeda. Tak banyak disinggung keunggulan Microsoft Office 2010.
Versi percobaan Microsoft Office 2010 rencananya baru bisa dicoba pada akhir tahun ini, ANda penasaran? gali informasinya. Mengingat sekarang Microsoft Office 2010 masih dalam tahap pengembangan dan mungkin saja interfacenya bisa berbeda. Namun, versi developer/technical reviewnya sudah beredar dan dapat didownload dan dicoba tanpa serial key.
Seperti pada versi sebelumnya, Microsoft Office 2010 dilengkapi dengan Microsoft Word 2010, Microsoft Excel 2010, Microsoft Power Point 2010, Microsoft Access 2010, Microsoft Publisher 2010, dan lain-lain. Untuk Operating System, anda minimal harus menggunakan WIndows XP Service Pack 2. Lebih bagus lagi menggunakan Windows Vista atau Windows 7.
Operating System yang support : Microsoft Windows XP Service Pack 2 atau diatasnya, Micosoft Windows Vista, Microsoft Windows Server 2003, WIndows Server 2008 dan Windows 7.
Spesifikasi Hardware yang dibutuhkan : >Processor 1 GHz atau lebih tinggi >RAM Minimal 512 Mb >DVD Drive >Hard Disk 2 GB (Khusus untuk install program saja) >Monitor resolusi minimum 800×600; 1024×768 dianjurkan lebih tinggi. >Internet Connection Broadband Connection, 128 Kbps >Microsoft Internet Explorer 6.0 with service pack, Microsoft Exchange Server 2000 or later required for Outlook 2010 users.

Kelebihan Microsoft Office 2010 dibanding dengan Microsoft Office 2007
Office 2010 merupakan program terbaru sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu office 2007. banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh office 2010 ini, diantaranya adalah :
1.   LEBIH RINGAN.
Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja. Wow!
2.   MENU FILE HADIR KEMBALI.
Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan menemukan lagi The Office 2007 Button, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.
3.   TAMPILAN RIBBON SERAGAM.
Ribbon atau pita menu kini juga dapat ditemukan pada aplikasi Office lainnya, yakni Outlook, Visio, OneNote, Project, dan Publisher.
4.    SMART-ART DAN TEMPLATE BARU.
Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
5.    SAVE AS LEBIH VARIATIF.
Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office bahkan terhadap open source.
6.    PRINT FUNCTION INTEGRATED.
Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File pada offce 2010 yang sangat memudahkan kita.
7.    FUNGSI JUMP-LISTS.
Dengan fungsi jump-lists kita dapat langsung menuju dokumen yang sebelumnya pernah kita buka atau jalankan melalui StartMenu. Bisa dibilang layaknya RecentDocuments tetapi terbagi atas tiap aplikasi Office tersendiri dan hanya Anda dapatkan pada Windows 7 (Seven).
8.    FITUR THUMBNAIL.
Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
Begitulah sedikit keunggulan Microsoft Office 2010 yang dapat dirasakan saat ini hingga versi Beta 2. Semoga lebih banyak lagi kejutan yang ditawarkan Microsoft untuk aplikasi Microsoft Office mereka pada versi finalnya nanti.
Microsoft Office 2010  terdiri dari Microsoft Office Word 2010, Microsoft Office Excel 2010, Microsoft Office PowerPoint 2010, Microsoft Office Outlook 2010,Microsoft Office OneNote 2010, Microsoft Office Access 2010, Microsoft Office Publisher 2010, Microsoft Office InfoPath 2010, SharePoint Workspace, Communicator.

2 komentar: